Keeta, Layanan Sosial Media ala XL

31 Oct 2013

Oleh Denny Mahardy

Liputan6.com, Jakarta : Aplikasi mobile saat ini menjadi salah satu industri yang sangat potensial untuk digarap. Sebab, jumlah pengguna smartphone dan tablet di Tanah Air semakin banyak.

Besarnya potensi pasar tersebut menggoda operator telekomunikasi XL untuk melahirkan aplikasi mobile. XL meluncurkan aplikasi sosial media plus berbasis komputasi awan yang dinamai Keeta.

"Di Indonesia, aplikasi sosial media digandrungi oleh hampir semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewas. Lebih dari 80% masyarakat Indonesia telah memakai layanan sosial media. XL menangkap ini sebagai peluang yang sangat bagus," kata Arkav Juliandri, General Manager M2M & Cloud XL di Airman Restaurant, Jakarta, Kamis (32/10/2013).

Keeta dapat digunakan sebagai asisten pribadi oleh para pelanggan XL yang menggunakan perangkat smartphone. Aplikasi ini juga dapat dipakai untuk berinteraksi dengan sesama pengguna Keeta.

"Kami sebut sebagai media sosial plus karena dilengkapi berbagai fitur bisnis, komunitas sosial dan gaya hidup modern. Aplikasi ini menggabungkan sosial media, chatting, push to talk, mobile storage danremote device," tambah Arkav pada acara peluncuran Keeta.

Meskipun baru diluncurkan, aplikasi ini diklaim telah meraih 1.000 pengguna dari semua platformsmartphone. Aplikasi Keeta bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store untuk Android, sedangkan pengguna BlackBerry dan iOS bisa mengunduhnya melalui situs resmi Keeta. XL menargetkan ada 100 ribu pengguna Keeta pada kuartal pertama 2014.

Untuk sementara ini Keeta baru bisa dinikmati oleh pengguna smartphone pemilik nomor XL yang digunakan sebagai otentikasi saat pendaftaran. Setiap akun baru Keeta akan langsung mendapatkan 2 GB ruang penyimpanan di layanan cloud milik XL. (den/dew)